Pertemuan 1.
A.LOGIKA DAN
ALGORITMA
PENGERTIAN
DASAR LOGIKA DAN ALGORITMA
LOGIKA
Diperkenalkan pertama kali oleh Aristoteles (384-322 SM)
Diperkenalkan pertama kali oleh Aristoteles (384-322 SM)
ALGORITMA
Diperkenalkan Oleh Ahli Matematika : Abu Ja’far Muhammad Ibnu Musa Al Khawarizmi. Seorang ilmuan Persia yang menulis kitab al jabr w’al muqabala (rules of restoration and reduction) sekitar tahun 825 M.
Diperkenalkan Oleh Ahli Matematika : Abu Ja’far Muhammad Ibnu Musa Al Khawarizmi. Seorang ilmuan Persia yang menulis kitab al jabr w’al muqabala (rules of restoration and reduction) sekitar tahun 825 M.
PENGERTIAN SECARA UMUM
Logika adalah suatu bentuk pemikiran yang memberikan suatu
solusi agar masalah tersebut dapat teratasi dan dapat dipahami.
Algoritma
adalah suatu metode atau langkah - langkah yang digunakan untuk menyelesaikan
ataupun memecahkan masalah yang di deskripsikan secara logis. Dalam ilmu
komputer Algoritma dikenal dengan langkah-langkah komputasi yang terdiri dari
masukan dan keluaran (input dan output). Karena itu Algoritma biasanya
dijadikan dasar atau pengantar bahasa pemrograman.
Definisi Logika
1. penalaran atau bentuk pemikiran.
2. ilmu yang memberikan prinsip-prinsip yang harus diikuti agar dapat berfikir valid menurut aturan yang berlaku.
1. penalaran atau bentuk pemikiran.
2. ilmu yang memberikan prinsip-prinsip yang harus diikuti agar dapat berfikir valid menurut aturan yang berlaku.
Definisi algoritma:
1 .Langkah-langkah yang dilakukan agar solusi masalah dapat diperoleh.
2. Suatu prosedur yang merupakan urutan langkah-langkah yang
berintegrasi.
3. Suatu metode khusus yang digunakan untukn menyelesaikan suatu masalah
yang nyata.(Webster Dictionary).
TAHAP PENYELESAIAN MASALAH
Lanjutan Bahasa Semu
(Pseudocode)
Sebuah prosedur ketika akan membeli buku di toko buku :
1. Datang ke toko buku.
2. Mencari buku yang dibutuhkan
, ketemu dengan bukunya
3. menuju tempat kasir ,
budayakan antri jika banyak orang yang ada dikasir.
4.
serahkan buku yang mau dibayarkan
5. Kasir membungkus buku yang
sudah kita bayar dan kita terima
6. Buku kita bawa pulang ,
keluar toko , selesai
Dengan digram alur flowchart

Bahasa Pemograman
Program adalah kumpulan
intruksi-instruksi yang diberikan kepada computer untuk melaksanakan suatu
tugas atau pekerjaan.
Bahasa pemograman adalah
bahasa computer yang digunakan dalam menulis program
Contoh : bahasa rakitan (assembly),
fortran,cobol,pascal,C,C++ dll.
Lanjutan Bahasa Pemograman
Berdasarkan kedekatan bahasa
pemograman dikelompokkan menjadi 2 macam,yaitu :
1.Bahasa
tingkat rendah
Bahasa yang
dirancang agar setiap intruksinya langsung dikerjakan oleh computer,tanpa harus
melalui penerjemah.
2.Bahasa tingkat
tinggi
Bahasa jenis ini membuat program menjadi lebih mudah
dipahami.
Tahap
Proses Uji Algoritma :
a. Fase Debbuging
yaitu fase untuk mengecek kesalahan
program.
b. Fase Profilling
yaitu fase untuk menentukan waktu tempuh
dan banyak nya memori program yang digunakan.
Struktur Dasar Algoritma :
1. Sekuensial (runtunan)
Langkah-langkah yang dilakukan
dalam algoritma diproses secara berurutan mulai dari langkah awal sampai akhir.
2. Pemilihan/Percabangan
(selection)
pemilihan langkah yang
didasarkan oleh suatu kondisi atau pengambilan suatu keputusan.
3. Perulangan (repetition/looping)
suatu perintah yang dilakukan
beberapa kali (berulang).
Kriteria Pemilihan Algoritma :
1. Ada Output
algoritma harus memiliki output
yang merupakan solusi dari masalah yang dikerjakan.
2. Efektifitas dan Efisiensi
Algoritama harus menghasilkan
solusi yang sesuai dengan masalah atau tepat guna (Efektif).
3. Berakhir
Suatu proses algoritma harus
berakhir, baik itu ditemukan solusinya atau tidak.
4. Terstruktur
Urutan barisan langkah-langkah
harus disusun rapi agar proses algoritma tidak rumit.
B.SIFAT-SIFAT ALGORITMA
1.Banyak langkah instruksi
harus berhingga : pelaksanaan sebuah
algoritma yang terprogram haruslah dapat diakhiri atau diselesaikan melalui
sejumlah langkah operasional yang berhingga.
2.Langkah atau
instruksi harus jelas : artinya bahwa penulis setiap langkah yang terdapat didalam sebuah
algoritma harus memiliki arti yang khusus atau spesifik sehingga dapat
dibedakan antara penulisan langkah untuk komputer (program/pemrograman) dengan
penulisan langkah bagi manusia (pesudocode).
3.Proses
harus jelas dan mempunyai batasan : rangkaian suatu proses yang
berisi langkah-langkah instruksi dari suatu algoritma yang akan dilaksanakan
harus ditetapkan dengan jelas, baik dan pasti sebab sebuah algoritma harus
memiliki instruksi dasar tertentu dimana setiap instruksi harus memiliki unsur
pelaksana yang berfungsi sebagai pemroses data yang akan dimasukkan dalam
sebuah komputer.
4.Input dan
output harus mempunyai batasan : input merupakan data yang dimasukkan ke dalam
algoritma yang untuk kemudian akan dilaksanakan oleh komputer,
5.Efektifitas
: instruksi yang diberikan pada komputer
untuk menjalankan atau melaksanakan proses yang mampu dilaksanakannya, yang
dimaksud mampu adalah bahwa suatu algoritma atau instruksi-instruksi dalam
sebuah program hanya akan dapat dilaksanakan jika informasi yang diberikan oleh
instruksi-instruksi tersebut lengkap, benar dan jelas.
6.Adanya batasan
ruang lingkup : sebuah algoritma yang baik adalah hanya ditujukan bagi suatu masalah
tertentu saja. Susunan input harus ditentukan lebih dulu sebab susunan tersebut menentukan sifat umum dari algoritma yang
bersangkutan tersebut.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar