Rabu, 02 Oktober 2019

pengertian logika dan algoritma

Pertemuan 1.
A.LOGIKA DAN ALGORITMA
PENGERTIAN DASAR LOGIKA DAN ALGORITMA
LOGIKA
Diperkenalkan pertama kali oleh Aristoteles (384-322 SM)
ALGORITMA
Diperkenalkan Oleh Ahli Matematika : Abu Ja’far Muhammad Ibnu Musa Al Khawarizmi. Seorang ilmuan Persia yang menulis kitab al jabr w’al muqabala (rules of restoration and reduction) sekitar tahun 825 M.
PENGERTIAN SECARA UMUM
Logika adalah suatu bentuk pemikiran yang memberikan suatu solusi agar masalah tersebut dapat teratasi dan dapat dipahami.
Algoritma adalah suatu metode atau langkah - langkah yang digunakan untuk menyelesaikan ataupun memecahkan masalah yang di deskripsikan secara logis. Dalam ilmu komputer Algoritma dikenal dengan langkah-langkah komputasi yang terdiri dari masukan dan keluaran (input dan output). Karena itu Algoritma biasanya dijadikan dasar atau pengantar bahasa pemrograman.
Definisi Logika
1. penalaran atau bentuk pemikiran.
2. ilmu yang memberikan prinsip-prinsip yang harus diikuti agar dapat berfikir valid menurut aturan yang berlaku.
Definisi algoritma:
1 .Langkah-langkah yang dilakukan agar solusi masalah dapat diperoleh.
2. Suatu prosedur yang merupakan urutan langkah-langkah yang berintegrasi.
3. Suatu metode khusus yang digunakan untukn menyelesaikan suatu masalah yang nyata.(Webster Dictionary).



TAHAP PENYELESAIAN MASALAH
Untitled 
Lanjutan Bahasa Semu (Pseudocode)
Sebuah prosedur ketika akan membeli buku di toko buku :
1. Datang ke toko buku.
2. Mencari buku yang dibutuhkan , ketemu dengan bukunya
3. menuju tempat kasir , budayakan antri jika banyak orang yang ada dikasir.
4. serahkan buku yang mau dibayarkan
5. Kasir membungkus buku yang sudah kita bayar dan kita terima
6. Buku kita bawa pulang , keluar toko , selesai

Dengan digram alur flowchart
 https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgE6bn2Ycbglsw2PLIGbL5hT2Ns_jUiCzFAr7IroSYT71pDnmiDNvEpiXL328wfFkazLN33h70APMKHzVuHAXpNsJpnxSx-nluHMXLJG0k4Lhy10uDr_qZF0Nd5GO_Mkn43BnLp-I0uPrQ/s320/5.PNG
Bahasa Pemograman
Program adalah kumpulan intruksi-instruksi yang diberikan kepada computer untuk melaksanakan suatu tugas atau pekerjaan.
Bahasa pemograman adalah bahasa computer yang digunakan dalam menulis program
Contoh : bahasa rakitan (assembly), fortran,cobol,pascal,C,C++ dll.
Lanjutan Bahasa Pemograman
Berdasarkan kedekatan bahasa pemograman dikelompokkan menjadi 2 macam,yaitu :
1.Bahasa tingkat rendah
Bahasa yang dirancang agar setiap intruksinya langsung dikerjakan oleh computer,tanpa harus melalui penerjemah.
2.Bahasa tingkat tinggi
Bahasa jenis ini membuat program menjadi lebih mudah dipahami.
Tahap Proses Uji Algoritma :
a. Fase Debbuging
    yaitu fase untuk mengecek kesalahan program.
b. Fase Profilling
    yaitu fase untuk menentukan waktu tempuh dan banyak nya memori program yang digunakan.

Struktur Dasar Algoritma : 
1. Sekuensial (runtunan)
Langkah-langkah yang dilakukan dalam algoritma diproses secara berurutan mulai dari langkah awal  sampai akhir.
2. Pemilihan/Percabangan (selection)
pemilihan langkah yang didasarkan oleh suatu kondisi atau pengambilan suatu keputusan.
3. Perulangan (repetition/looping)
suatu perintah yang dilakukan beberapa kali (berulang).

Kriteria Pemilihan Algoritma :
1. Ada Output
algoritma harus memiliki output yang merupakan solusi dari masalah yang dikerjakan.
2. Efektifitas dan Efisiensi
Algoritama harus menghasilkan solusi yang sesuai dengan masalah atau tepat guna (Efektif).
3. Berakhir
Suatu proses algoritma harus berakhir, baik itu ditemukan solusinya atau tidak.
4. Terstruktur
Urutan barisan langkah-langkah harus disusun rapi agar proses algoritma tidak rumit.

B.SIFAT-SIFAT ALGORITMA
1.Banyak langkah instruksi harus berhingga : pelaksanaan sebuah algoritma yang terprogram haruslah dapat diakhiri atau diselesaikan melalui sejumlah langkah operasional yang berhingga.
2.Langkah atau instruksi harus jelas : artinya bahwa penulis setiap langkah yang terdapat didalam sebuah algoritma harus memiliki arti yang khusus atau spesifik sehingga dapat dibedakan antara penulisan langkah untuk komputer (program/pemrograman) dengan penulisan langkah bagi manusia (pesudocode).
3.Proses harus jelas dan mempunyai batasan : rangkaian suatu proses yang berisi langkah-langkah instruksi dari suatu algoritma yang akan dilaksanakan harus ditetapkan dengan jelas, baik dan pasti sebab sebuah algoritma harus memiliki instruksi dasar tertentu dimana setiap instruksi harus memiliki unsur pelaksana yang berfungsi sebagai pemroses data yang akan dimasukkan dalam sebuah komputer.
4.Input dan output harus mempunyai batasan : input merupakan data yang dimasukkan ke dalam algoritma yang untuk kemudian akan dilaksanakan oleh komputer,
5.Efektifitas : instruksi yang diberikan pada komputer untuk menjalankan atau melaksanakan proses yang mampu dilaksanakannya, yang dimaksud mampu adalah bahwa suatu algoritma atau instruksi-instruksi dalam sebuah program hanya akan dapat dilaksanakan jika informasi yang diberikan oleh instruksi-instruksi tersebut lengkap, benar dan jelas.
6.Adanya batasan ruang lingkup : sebuah algoritma yang baik adalah hanya ditujukan bagi suatu masalah tertentu saja. Susunan input harus ditentukan lebih dulu sebab susunan tersebut menentukan sifat umum dari algoritma yang bersangkutan tersebut.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Link youtube tugas metode sorting

metode sorting selection sort https;//youtu.be/ljfkReo_9Ds